Rancang Bangun Game 3D Pembelajaran Nama, Jenis, dan Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan

Design and Construction of a 3D Game for Learning Names, Types, and Reproduction of Animals and Plants

Authors

  • shidqul ibnu zaim kurmidi 081330310158

DOI:

https://doi.org/10.21070/joincs.v8i1.1647

Keywords:

Laptop, Komputer Desktop, Hewan dan Tumbuhan, MDLC, Game, Unity3d

Abstract

Abstrak. Dalam pelajaran Biologi atau IPA di Sekolah Dasar, terdapat materi yang membahas tentang Hewan dan Tumbuhan, yang mencakup banyak gambar yang berkaitan dengan nama, jenis, dan perkembangan hewan dan tumbuhan. Materi seperti ini sering membuat siswa merasa bosan, sehingga mengurangi minat belajar mereka. Hasil wawancara awal dengan guru kelas IV di SDN Kutisari 1 menunjukkan kesulitan dalam mengajar topik-topik tersebut, yang menyebabkan kurangnya antusiasme siswa. Untuk mengatasi hal ini, sebuah permainan edukasi dirancang untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan merancang game edukasi menggunakan Unity Engine dengan metode MDLC agar pembelajaran tentang hewan dan tumbuhan menjadi lebih menarik. Permainan yang selesai diharapkan dapat membantu siswa kelas IV memahami materi lebih efektif.

Kata kunci: Laptop, Komputer Desktop, Hewan dan Tumbuhan, MDLC, Game, Unity3d 

Published

2025-04-30

How to Cite

kurmidi, shidqul ibnu zaim. (2025). Rancang Bangun Game 3D Pembelajaran Nama, Jenis, dan Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan: Design and Construction of a 3D Game for Learning Names, Types, and Reproduction of Animals and Plants. JOINCS (Journal of Informatics, Network, and Computer Science), 8(1). https://doi.org/10.21070/joincs.v8i1.1647

Issue

Section

Articles

Categories