Abstract

The purpose of this study is as a means of learning English with the game method is one of the innovations that are suitable and much favored by children. Because children still have a tendency to play. So using this game media is a solution to make it easier for children to learn to recognize English. This research uses the development method used in this Jhony Adventure educational game which is the ADDIE method (Analysis, Design, Developer, Implementation, and Evaluation). The aspect value obtained from functionality testing reaches 100% very good, reliability testing reaches 100% very good, compability testing reaches 100% very good category, and playability testing reaches 96% with very good category. So that the feasibility of the educational game Jhony Adventure is categorized as very feasible. Based on the results of the questionnaire obtained, the educational game Jhony Adventure became an effective alternative solution in the learning of PAUD and Elementary School students in grades 1-2. By using the concept of education as a medium in learning subjects that seem difficult to learn, namely English lessons. Game development is very suitable and effective to help students learn English.

Pendahuluan

Pendidikan memiliki peran yang penting dalam upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia ke arahhyang lebih baik. Peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan disegala aspek kehidupan manusia. Pendidikan tentang bahasa internasional memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena era globalisasi yang menekankan penguasaan serta pemahaman bahasa inggris Peranan teknologi yang semakin pesat saat ini, harus dapat dimanfaatkan dalam setiap sisi kehidupan manusia yang bertujuan agar teknologi tersebut berguna, mempermudah kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi kita dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu anak dalam belajar untuk mengenal bahasa inggris[1].

Salah satunya yaitu melalui media game edukasi. Maka dari itu penulis membuat sebuah game edukasi pengenalan bahasa inggris kepada anak ini diharapkan dapat menumbuhkan minat anak dan dapat mempermudah anak untuk belajar bahasa inggris. Game yang dibuat oleh penulis ini yaitu bergenre adventure, Jadi untuk permainan game ini pemain harus menyusun kalimat bahasa inggris. Untuk dapat menyusun kalimat bahasa inggris tersebut pemain harus berpetualang untuk menemukan setiap potongan-potongan kata yang cocok untuk disusun menjadi sebuah kalimat bahasa inggris. Namun pada saat berpetualang pemain akan menjumpai potongan kata yang salah dan tidak boleh diambil, selain itu akan ada rintangan- rintangan yang menghadang dan akan ada bebagai monster yang akan dijumpai oleh pemain[2].

Metode Penelitian

Metode pengembangan yang digunakan dalam game edukasi Jhony Adventure ini yaiutu dengan metode ADDIE (Analisis,Design,Developer, Implementation,dan Evaluation)

Observasi Lapangan

Metode ini dilakukan untuk mengetahui minat anak terhadap pengaplikasian game edukasi sebagai sarana untuk membantu proses pembelajaran yang dibutuhkan siswa yang kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris yang terkesan sulit untuk dipelajari . Sehingga dapat membantu penulis dalam menyusun alur cerita, tingkat kesulitan, dan penyajian animasi sehingga membuat penggunanya menjadi tidak mudah bosan dan untuk dapat menentukan konsep yang akan di angkat dalam game ini[3].

Analisis Kebutuhan Fungsional

Game Edukasi yang akan dirancang ini berjenis petualangan dan materi-materi yang ajarkan hanya mencakup mata pelajaran Bahasa Inggris. Oleh karena itu yang diperlukan dalam penyusunan game edukasi ini

antara lain :

  1. Desain karakter dan animasi- animasi.
  2. Penyusunan soal-soal yang disajikan dalam game.
  3. Konsep dan penyusunan material pada game

Skema Permainan

Berikut ini adalah aturan dalam permainan game edukasi pengenalan Bahasa Inggris :

  1. Dalam gameini hanya ada satu pemain.
  2. Untuk memulai permainan pengguna harus menekan tombol play.
  3. Setelah menekan tombol play maka akan masuk pada tampilan petunjuk permainan. Akan ada beberapa petunjuk permainan yang ditampilkan, supaya pengguna dapat mengetahui cara bermain pada game Jhony Adventure ini.
  4. Setelah membaca petunjuk permainan, maka pengguna akan masukke dalam game play permainan dal langsung memainkan permainan[4].
  5. Didala permainan ini pemain harus berhasil merangkai kalimat Bahasa Inggris yang ada dalam game. Setiap kata yang ada dalam kalimat tersebut akan ditemui oleh pemain pada saat melakukan petualangan, tetapi akan ada kata yang tidak sesuai jadi pemain harus memilih kata yang sesuai untuk diambil.
  6. Dalam petualangannya pemain harus dapat melewati berbagai rintangan yang ada dan akan ada monster-monster yang harus dikalahkan.
  7. Jika berhasil mengalahkan monster dan minion maka akan mendapatkan bonus score 5 poin.
  8. Pemain juga tidak boleh terjatuh ke dalam lubang dalam petualangannya, jika terjatuh maka permainan akan gameover.
  9. Jika pemain berhasil menyusun kalimat Bahasa Inggris tersebut, maka akan mendapatkan satu item yang akan akan digunakan untuk melawan musuh dan juga boss battle di akhir game selain itu pemain juga akan mendapatkan tambahan 10 poin.
  10. Jika item yang didapat sudah digunakan seluruhnya maka item otomatis akan langsung terkunci dan pemain tidak dapat menggunakan item, jadi pemain harus menghemat penggunaan item tersebut.
  11. Apabila pemain berhasil mengalahkan boss battle maka pemain akan mendapatkan sebuah kunci untuk melanjutkan permaianan ke levelberikunya.
  12. Apabila pemain kalah melawan bossbattle maka permainan akan gameover.

Flowchart Game

Flowchart merupakan suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dan saling berhubungan antara suatu proses dengan proses yang lain[5]. Berikut flowchart sistem yang menggambarkan alur dan konsep game edukasi pengenalan Bahasa Inggris “Jhony Adventure”, pada Figure 1 berikut ini.

Figure 1.Flowchart Game Edukasi Bahasa Inggris

Pada flowchart diatas dijelaskan bahwa pemain harus berhasil merangkai kalimat Bahasa Inggris yang ada dalam game. Apabila pemain berhasil merangkai kalimat Bahasa Inggris tersebut, maka pemain akan mendapatkan item yang akan digunakan untuk melawan boss battle di akhir game. Jika berhasil mengalahkan boss battlemaka pemain akan mendapatkan sebuah kunci untuk lanjut ke level selanjutnya. Jika pemain kalah melawan boss battle maka permainan akan game over.

Usecase Diagram

Usecase Sistem

Figure 2.Usecase Sistem

Rangkaian Usecase Sistem Pada rangkaian usecase Figure 2 diatas dijelaskan bahwa ada tiga pilihan yang dapat dilakukan oleh user yaitu keluar dari permainan, melihat petunjuk, dan memulai permainan. Jika user memilih menu mulai permainan maka akan muncul petunjuk-petunjuk permainan setelah semua petunjuk-petunjuk permainan tampil kemudian user akan langsung memulai game dan jika berhasil menyelesaikan permainan maka permainan selesai[6].

Usecase Permainan

Figure 3.Rangkaian Usecase dalam Permainan

Pada Figure 3 merupakan rangkaian usecase dan dijelaskan bahwa pemain harus merangkai kalimat bahasa Inggris yang ada dalam game. Jika berhasil merangkai kalimat maka pemain akan mendapatkan sebuah item yang dapat digunakan untuk melawan monster dan boss battle. Jika pemain berhasil membunuh boss battle maka akan lanjut ke level berikutnya. Didalam permainan pemain juga dapat menghentikan permaian atau pause permainan.

FSM ( Finite State Machine )

FSM Sistem

Figure 4.Rangkaian FSM Sistem

Pada rancangan FSM (Finite State Machine) sistem pada Figure 4 diatas dijelaskan bahwa setelah tombol play ditekan maka akan muncul petunjuk-petunjuk permainan. setelah muncul berbagai petunjuk maka akan langsung masuk ke gamplay. Pada level 1 kalimat terdiri dari 3 kata, level 2 kalimat terdiri dari 4 kata, dan untuk level 3 kalimat terdiri dari 5 kata. Jika kalimat berhasil tersusun maka pemain akan mendapatkan satu item untuk melawan musuh dan juga boss battle di akhir game. Jika berhasil membunuh bossbattlemaka pemain akan mendapatkan kunci untuk melanjutkan permaianan ke level berikutnya[7].

FSM Level 1

Figure 5.Rangkaian FSM Level 1

Rangkaian FSM (Finite State Machine) dalam Figure 5 diatas adalah rangkaian FSM setelah pemain memilih karakter untuk dimainkan. Pada rangkain diatas dijelaskan bahwa pemain harus berpetualang dan menemukan potongan kata Bahasa Inggris untuk menyusun kalimat Bahasa Inggris yang terdiri dari 3 kata pada level pertama. Jika pemain berhasil merangkai kalimat tersebut pamain akan mendapatkan item yang dapat digunakan untuk melawan monster dan juga boss battle kemudian memenangkan permainan dan lanjut ke level berikutnya. Pada saat melakukan petualangan pemain akan menemukan bintang dan permata yang harus dikumpulkan. Jika mendapatkan sepuluh bintang maka pemain akan mendapatkan tambahan 1 nyawa. Dan jika mengumpulkan permata setiap mendapatkan 10 permata maka pemain akan mendapatkan tambahan 5 poin. Pemain juga harus berhasil melewati berbagai rintangan dan tidak boleh terjatuh ke dalam lubang, jika terjatuh maka permainan akan selesai dan gameover. Dalam petualangannya pemain juga akan ada mendapatkan rintangan berupa monster-monster yang harus dikalahkan, untuk mengalahkan monster tersebut pemain dapat mengeluarkan senjata dan menembak monster tersebut. Jika berhasil membunuh monster maka pemain aka mendapatkan bonus score 5 poin. Dan di akhir permaianan pemain juga akan menghadapi boss battleyang harus dikalahkan. Jika berhasil mengalahkan boss battlemaka pemain akan mendapatkan kunci untuk lanjut ke levelselanjutnya. Dan jika kalah melawan boss battle maka permainan akan selesai dan game over.

FSM Level 2

Figure 6.Rangkaian FSM Level 2

Rangkaian FSM (Finite State Machine) pada Figure 6 adalah rangkaian FSM permaianan pada level 2. Pada rangkain diatas dijelaskan bahwa pemain harus berpetualang dan menemukan potongan kata Bahasa Inggris untuk menyusun kalimat Bahasa Inggris yang terdiri dari 4 kata pada level pertama. Apabila pemain berhasil merangkai kalimat tersebut pamain akan mendapatkan item yang dapat digunakan untuk melawan monster dan juga boss battle kemudian memenangkan permainan dan lanjut ke level berikutnya[8]. Pada saat melakukan petualangan pemain akan menemukan koin-koin yang harus dikumpulkan. Pemain juga harus berhasil melewati berbagai rintangan dan tidak boleh terjatuh ke dalam lubang, jika terjatuh maka permainan akan selesai dan game over. Dalam petualangannya akan ada monster-monster yang harus dikalahkan, untuk mengalahkan monster tersebut. Dan di akhir permaianan pemain juga akan menghadapi boss battley ang harus dikalahkan. Jika berhasil mengalahkan boss battle maka pemain akan mendapatkan kunci untuk lanjut ke level selanjutnya. Dan jika kalah melawan boss battle maka permainan akan selesai dan game over.

FSM Level 3

Figure 7.Rangkaian FSM Level 3

Rangkaian FSM (Finite State Machine) pada Figure 7 adalah rangkaian FSM permaianan pada level 3. Pada rangkain diatas dijelaskan bahwa pemain harus berpetualang dan menemukan potongan kata Bahasa Inggris untuk menyusun kalimat Bahasa Inggris yang terdiri dari 5 kata pada level pertama. Apabila pemain berhasil untuk merangkai kalimat tersebut pamain akan mendapatkan item yang dapat digunakan untuk melawan monster dan juga boss battle untuk memenangkan permainan dan lanjut ke level berikutnya. Pada saat melakukan petualangan pemain akan menemukan bintang dan permata yang harus dikumpulkan. Jika mendapatkan sepuluh bintang maka pemain akan mendapatkan tambahan 1 nyawa. Dan jika mengumpulkan permata setiap mendapatkan 10 permata maka pemain akan mendapatkan tambahan 5 poin. Pemain juga harus berhasil melewati berbagai rintangan dan tidak boleh terjatuh ke dalam lubang, jika terjatuh maka permainan akan selesai dan gameo ver[9]. Dalam petualangannya akan ada monster-monster yang harus dikalahkan, untuk mengalahkan monster tersebut pemain dapat mengeluarkan senjata dan menembak monster tersebut. Jika berhasil membunuh monster maka pemain aka mendapatkan bonus score 5 Poin. Dan di akhir permaianan pemain juga akan menghadapi boss battle yang harus dikalahkan. Apabila kalah melawan boss battle maka permainan akan selesai dan game over dan Jika berhasil mengalahkan boss battle maka permaian akan tamat

Design Karakter

Jhony

Figure 8.Karakter Pemain Game Edukasi Bahasa Inggris

Jhony merupakan karakter utama pada game ini. Dalam permainan pemain akan berpetualang untuk menemukan kata dapat merangkai kalimat Bahasa Inggris yang ada pada game. Pemain juga harus dapat melewati berbagai rintangan dan mengalahkan monster- monster yang menghadang. Dan juga akan ada boss battle yang harus dikalahkan di akhir game.

Monster Gimon

Figure 9.Karakter Boss Battle Level 1

Gimon merupakan karakter boss battle yang harus dikalahkan oleh pemain di akhir permainan level 1. Dia merupakan monster yang sangat kuat dengan senjatanya berupa kapak[10]. Misinya yaitu untuk menghalangi pemain agar tidak dapat memenangkan permainan

Monster Gimbul

Figure 10.Karakter Boss Battle Level 2

Monster Gimbul merupakan karakter boss battle yang harus dikalahkan oleh pemain di akhir permainan level 2. Dia mempunyai senjata berupa pentungan kayu yang digunakan untuk melawan musuh

Monster Toha

Figure 11.Karakter Boss Battle Level 3

Toha merupakan karakter boss battle yang harus dikalahkan oleh pemain di akhir permainan level 3. Misinya yaitu untuk menghalangi pemain agar tidak dapat menyelesaikan permainan. Apabila pemain berhasil mengalahkan monster toha maka permainan akan berakhir

Hasil Penelitian dan Pembahasan

Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah game edukasi pembelajaran Bahasa Inggris siswa PAUD dan Sekolah dasar kelas 1 sampai 2 yang bertujuan untuk meningkatkan minat anak dalam belajar Bahasa Inggris yang dapat diaplikasikan di platform Android[11]

Running Aplikasi

Dalam proses runningaplikasi digunakan untuk melihat apakah ditemukan error maupun bugs saat proses di jalankan. Sedangkan apabila tidak ada errormaka dapat dilanjutkan ke proses building menjadi apk.

Tampilan Icon

Figure 12.Tampilan Icon Permainan

Tampilan Menu

Pada tampilan menu utama game edukasi Bahasa Inggris Jhony Adventure ini hanya ada satu tombol yaitu tombol play.

Figure 13.Tampilan Menu Utama

Figure 14.Tampilan Permainan Level 1

Figure 15.Tampilan Permainan Level 2

Figure 16.Tampilan Permainan Level 3

Figure 17.Tampilan Permainan Jika Kalah

Figure 18.Tampilan Permainan Jika Menang

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam pengembangan game edukasi Jhony Adventure berbasis android , maka dapat disimpulkan Metode pengembangan yang digunakan dalam game edukasi Jhony Adventure ini yaiutu dengan metode ADDIE (Analisis,Design,Developer, Implementation,dan Evaluation). Berdasarkan hasil kuisioner yang didapat, game edukasi Jhony Adventure menjadi solusi elternatif yang efektif dalam pembelajaran siswa PAUD dan Sekolah Dasar (SD) kelas 1-2. Dengan menggunakan konsep edukasi sebagai media dalam mempelajari mata pelajaran yang terkesan sulit untuk dipelajari yaitu pelajaran Bahasa Inggris. Pengembangan game sangat cocok dan efektif untuk membantu siswa dalam mepelajari Bahasa Inggris.

[6]A. H. Ghozi Dzikri Robbani, Aryo Baskoro Utomo, R. Kartono, “GAME EDUKASI PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. Vol 1, No, 2016.

[7]G. N. A. A. Krisnawan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android,” Proc. Konf. Nas. Sist. dan Inform., 2015.

[8]W. Wibisono, “Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.,” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 2, p. 42, 2010, doi: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v2i2.878.

[9]D. Clark, Games and e-learning. United Kingdom: Caspian Learning, 2006.

[10]S. Henry, Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.

[11]J. F. DiMarzio, Practical Android 4 Games Development. New York: Springer Science+Business Media, 2011.

References

  1. A. . Kevin, “Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall,” Simki-Techsain, vol. 1, no. 7, pp. 1–10, 2017.
  2. A. N. Aeni, “PERSEPSI GURU SD DAN MAHASISWA CALON GURU SD TENTANG KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA,” J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. Vol 15, No, pp. 21–31, 2019.
  3. I. S. Razali M Thaib, “INOVASI KURIKULUM DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (Suatu Analisis Implementatif),” J. EDUKASI (Media Kaji. Bimbing. KOnseling), vol. Vol 1, No, 2015.
  4. F. F. Sri Lestari Rahayu, “Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. Vol 5, No, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.201853694.
  5. N. A. P. Eka Sapti Cahyaningrum, Sudaryanti Sudaryanti, “PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN,” J. Pendidik. Anak, vol. Vol 6, No, 2017, doi: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707.
  6. A. H. Ghozi Dzikri Robbani, Aryo Baskoro Utomo, R. Kartono, “GAME EDUKASI PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., vol. Vol 1, No, 2016.
  7. G. N. A. A. Krisnawan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Berbasis Android,” Proc. Konf. Nas. Sist. dan Inform., 2015.
  8. W. Wibisono, “Perancangan Game Edukasi Untuk Media Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan.,” J. Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 2, p. 42, 2010, doi: http://dx.doi.org/10.3112/speed.v2i2.878.
  9. D. Clark, Games and e-learning. United Kingdom: Caspian Learning, 2006.
  10. S. Henry, Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.
  11. J. F. DiMarzio, Practical Android 4 Games Development. New York: Springer Science+Business Media, 2011.